Sistem Managemen Mutu Sekolah - Digital Store
Open 08.00 sd 17.00 WIB Minggu Libur - No Call (Telp)
SMS 0856 4088 1921

( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Sistem Managemen Mutu Sekolah

Saturday, May 3rd 2014.

Sistem Managemen Mutu Sekolah – Kembali lagi bersama saya Faris Dedi Setiawan, kali ini saya akan sharing mengenai cara membuat Sistem Managemen Mutu Sekolah, silahkan anda terapkan di sekolah anda masing-masing. Bagi yang sudah sampai disini alangkah baiknya mengulang sharing saya yang kemarin mengenai Bagaimana cara membuat Peta Bisnis.

Pusat File Digital Indonesia Logo

SISTEM MANAJEMEN MUTU

Persyaratan Umum

         “Nama Sekolah Anda”menetapkan, mendokumentasikan dan memelihara Sistem Manajemen Mutunya dan secara terus – menerus memperbaiki keefektifannya sesuai dengan Persyaratan Standar Internasional ISO 9001 : 2008. Seluruh aktifitas yang dikelola oleh “Nama Sekolah Anda”  sebagaimana tercantum pada “Bagan Proses Bisnis“ yang merupakan gambaran sistem penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di “Nama Sekolah Anda”

         “Nama Sekolah Anda” menetapkan kriteria  dam metode untuk memastikan operasi dan kendali untuk seluruh aktifitas agar efektif. Semua aktifitas dipantau, diukur dan dianalisa untuk penerapan tindakan yang diperlukan guna mencapai hasil yang direncanakan dan perbaikan berlanjut dari semua aktifitas.

         “Nama Sekolah Anda”  memastikan tersedianya sumber daya yang cukup untuk mendukung pelaksanaan semua proses dan aktifitas di “Nama Sekolah Anda”.

Dokumen Sistem Manajemen Mutu

Umum 

Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu “Nama Sekolah Anda” terdiri dari 4 (empat ) tingkat :

Tingkat I : Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu dan Pedoman Mutu SMA yang   memenuhi persyaratan ISO 9001 : 2008 dan merupakan pedoman bagi penyusunan dokumen tingkat dibawahnya serta  aktifitas lembaga.

Tingkat II : Prosedur Operasi standar (POS), yang menjabarkan cara melaksanakan suatu proses atau kegiatan yang dipersyaratkan oleh Standar ISO 9001:2008.

Tingkat III : Instruksi kerja yang merinci aktifitas yang berlaku untuk suatu proses, dibuat apabila ketiadaan dapat merugikan mutu.

Tingkat IV : Formulir – formulir yang merupakan sarana dalam operasi   mutu sehari – hari serta rekaman yang merupakan bukti dilakukan aktivitas mutu yang ditentukan.

Pedoman Mutu

 Pedoman mutu “Nama Sekolah Anda” mencakup seluruh lingkup Sistem Manajemen Mutunya dan menanggapi seluruh Persyaratan Standar ISO 9001 : 2008 kecuali :

1. Klausal 7.5.2. tentang pembenaran proses untuk produksi dan penyediaan jasa.

Klausal ini tidak diterapkan pada sistem manajemen mutu di “Nama Sekolah Anda”, karena semua aktifitas yang dilakukan di “Nama Sekolah Anda” dapat dipantau pada setiap tahapan.

2.  Pasal 7.6 tentang pengendalian sarana pemantauan dan pengukuran

Klausal ini tidak diterapkan pada sistem manajemen mutu di “Nama Sekolah Anda”, karena  pemantauan dan pengukuran yang dilakukan terhadap aktifitas – aktifitas dan produk diklat di “Nama Sekolah Anda” tidak menggunakan alat yang bersifat fisik.

Rincian dari tanggapan semua Persyaratan Standar ISO 9001 : 2000 termasuk 6 prosedur yang dipersyaratkan standard dan uraian dari interaksi antara proses – proses dijelaskan dalam prosedur.

Pengendalian dokumen 

  • Quality Management Representative (QMR) memastikan bahwa semua dokumen yang dipergunakan sistem manajemen mutu ditinjau dan disetujui oleh yang berwenang, diidentifikasi dan dikendalikan dengan baik.
  • Dokumen harus selalu dimutakhirkan seperlunya, disetujui ulang dan ditunjukkan perubahan dan status revisi terkininya.
  • Dokumen selalu dapat dibaca, mudah dikenali dan versi relevan dari dokumen yang berlaku dan tersedia di tempat pemakainya.
  • Dokumen yang berasal dari luar dikenali dan destribusinya dikendalikan.
  • Untuk mencegah pemakaian yang tidak sengaja terhadap dokumen kadaluwarsa yang disimpan untuk tujuan apapun, pada dokumen tersebut dibubuhkan identifikasi yang sesuai.
  • Rincian lebih lanjut tentang Pengendalian Dokumen ini dijelaskan didalam Prosedur Pengendalian Dokumen

Pengendalian rekaman 

  • Wakil Manajemen Mutu beserta kepala unit kerja terkait menetapkan dan memelihara rekaman/ arsip untuk membuktikan kesesuaian pada persyaratan dan operasi efektif dari sistem manajemen mutunya .
  • Semua rekaman/ arsip yang mendukung sistem manajemen mutu selalu dijaga agar tetap mudah dibaca, siap untuk ditemukan kembali dan ditunjukkkan
  • Guna memastikan kendali yang diperlukan untuk identifikasi, penyimpanan, perlindungan, pengambilan, masa simpan dan penyusutannya, disusun Prosedur Pengendalian Rekaman

Baik sampai disini sudah dapat difahami ya bagaimana cara membuat Sistem Managemen Mutu Sekolah. Silahkan anda edit dan sesuaikan dengan sekolah.

Best Seller
Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi

33%

Rp 600.000 900.000
Best Seller
Jual Perangkat Pembelajaran Agama islam Kurikulum 2013 Kelas 10

25%

Rp 600.000 800.000
Best Seller
Rp 2.500.000
Best Seller
Rp 2.500.000
Best Seller
Tutorial PAKET 4 (2 LISENSI)

4%

Rp 495.000 515.000
Best Seller
Tutorial PAKET 3 (2 LISENSI)

4%

Rp 495.000 515.000

Cari Produk

Temukan Kami di